Headlines News :
Home » , , » Turki dan Suriah Mulai 'Perang'

Turki dan Suriah Mulai 'Perang'

Written By Abol Ezz on Sabtu, 06 Oktober 2012 | 22.11

Turki dan Suriah Mulai 'Perang'
Presiden Suriah, Bashar Al-Assad.


IDLIB – Turki mulai menyerang Suriah pascapenembakan yang terlebih dahulu dilakukan Suriah. Demikian dilaporkan Dogan News seperti yang dikutip Aljazeera Sabtu (6/10).

Sebuah mortir menimpa daerah pedesaan Guvecci, Hatay, Turki pada Sabtu (6/10) pagi, tidak lama setelah pertempuran sengit terjadi antara pasukan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad, dengan para pemberontaknya di Desa Harabjoz, Provinsi Idlib, Suriah.

Tidak ada yang terluka oleh mortir yang mendarat sekitar 500 meter di luar desa. Warga desa bergegas keluar dari rumah dan berkumpul di titik aman desa yang jauh dari daerah perbatasan.

Tidak lama kemudian, pasukan artileri Turki yang berbasis di sebuah batalion militer dekat Guvecci segera merespons serangan tersebut.

Penembakan terbaru itu terjadi sehari setelah Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyerukan Suriah untuk tidak menguji kesabaran Turki bahwa negaranya tidak akan bertindak. Pertempuran antara Turki dan Suriah tersebut diperkirakan akan berlangsung beberapa hari.

Ketegangan antara Turki dan Suriah dimulai Rabu (3/10) ketika tembakan Suriah menghantam sebuah rumah di kota perbatasan Turki, menewaskan dua perempuan dan tiga anak-anak. Hal tersebut memicu serangan artileri yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh Turki.

Parlemen Turki pada Kamis (4/10), memutuskan untuk melakukan operasi lintas batas militer di Suriah, yang kemudian memicu ketegangan antara tetangga yang dulu sekutu dekat tersebut.

republika.co.id

Share this post :
 
PKS Minas - Siak © 2012. All Rights Reserved. Our materials may be copied, printed and distributed, by referring to this site. Powered by Tarqiyah Group