Headlines News :
Home » , , » F-PKS: Banyak Madrasah Wacanakan Taraf Internasional, Tapi Tarif Internasional

F-PKS: Banyak Madrasah Wacanakan Taraf Internasional, Tapi Tarif Internasional

Written By Abol Ezz on Kamis, 27 September 2012 | 10.15


 
Leida Hanifa : Jangan Sampai Madrasah bertarif International Tapi Mutunya Tetap Lokal

Hidayatullah.com-- Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Hj Ledia Hanifa, M.Psi menekankan agar kritik terhadap diskriminasi pendidikan untuk madrasah tidak hanya bermuara pada masalah anggaran. Menurutnya permasalahan lain dunia pendidikan Islam juga ada pada masalah standarisasi mutu pendidikan. Permasalahan guru memang krusial, namun yang perlu dipertanyakan juga adalah bagaimana komitmen terhadap peningkatan mutu pendidikan madrasah itu sendiri.

Ledia mengkhawatirkan ketika banyak madrasah mewacanakan peningkatan bertaraf international. Padahal, pada kenyataannya justru menjadi madrasah bertarif international.
 “Tarifnya sangat tinggi, tapi kemudian isinya tidak beda jauh dengan madrasah negeri biasa,” jelas Ledia Hanifa dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) mengenai keberadaan pendidikan madrasah di Komisi VIII DPR RI, Selasa (25/09/2012).

Karena itu Ledia menekankan kejelasan integritas program yang menonjol. Ia berharap kualitas pendidikan madrasah tidak dilihat dari banyak jumlah kelulusan tapi juga harus ada jaminan bahwa setiap kelulusan memiliki nilai di atas standar.
Ledia mempertanyakan fakta nilai kelulusan madrasah di bawah 5.5 yang mencapai angka rata 99.4%. Angka ini didapatkan dari pemaparan Prof. Dr Nur Syam MSi saat RDPU.

Menurutnya, fakta ini menunjukkan bahwa masih ada pekerjaan besar untuk mengkaji secara serius agar gagasan pengembangan Madrasah tidak hanya bermuara pada peningkatan anggaran pendidikan. Lebih dari itu juga peningkatan dari nilai-nilai siswa yang bisa lulus dengan angka diatas standar sekolah umum bahkan sekolah international harus menjadi komitmen bersama.*

hidayatullah.com
Share this post :
 
PKS Minas - Siak © 2012. All Rights Reserved. Our materials may be copied, printed and distributed, by referring to this site. Powered by Tarqiyah Group